pendewasaan jiwa di jenjang kuliah


Saat kita telah memasuki jenjang baru yaitu perguruan tinggi, bukan hanya penampilan namun pendewasaan diri terjadi disitu. Mau tak mau dan sadar atau tidak hal ini wajib dilalui tak usah jauh-jauh, saya sebagai contohnya jujur kaget dengan semua yang saya lihat karena sama sekali berbeda dari kehidupan saya sebelumnya saat dimana saya masih ditingkat SMA dan masih dikekang dengan segala aturan yang membuat jiwa kita juga terkekang. Dan saat pijakan melangkah satu step keatas, ternyata seperti ini dunia itu teramat keras dan sadis. Pada tingkat mahasiswa semua jalan dibukakan terserah kita mau melalui jalan yang mana semua jalan terbuka lebar tanpa adanya aturan yang baku, karena disini kita sudah dianggap dewasa. Sudah Dianggap  sebagai manusia seutuhnya, dimana kita tak harus memakai baju penjara ( seragam ), atau pengekangan tentang gaya hidup kita. Disini semua aturan luntur dan kita merdeka untuk segala hal yang positif. Pendewasaan dimulai saat kita harus siap untuk pergi dari rumah dan hidup diatas kaki kita sendiri, mandiri orang bilang. Tak dipungkiri semua merasakan shock terapy yang sangat. Disitu perlahan mental dan kepribadian kita akan terlihat jelas bila tidak bisa memanage diri sendiri kita juga akan menuai buah nya.
Kita baru bicara sebelum kita menginjakkan kaki ditempat orang-orang intelek katanya, penuh semangat dan kesombongan khas anak muda jelas akan masih diperlukan. Dunia pembelajaran yang baru teman-teman yang juga baru dan lebih luas. Karena bukan hanya lingkup kabupaten seperti jaman SMA namun kini lingkup nasional dan kita suka akan keragaman itu. Dunia kampus memang menyimpan sejuta misteri. Jika kalian hanya datang dari kost ke kampus dengan rasa percaya diri tinggi dan dengan satu tujuan yaitu menyerap ilmu dari dosen.maka kalian tak akan pernah tau indahnya dunia kampus yang sebenarnya. Karena sejatinya lebih dari sekedar menimba ilmu semata. Tidak sadarkah kalian dengan keragaman yang ada ditengah-tengah kalian? Tidak sadarkah banyak sesuatu yang baru dan berbeda? . itulah ilmu yang sesungguhnya. Mahasiswa dipersiapkan bukan hanya untuk menelan mentah-mentah kapsul ilmu setiap hari. Namun pengalaman hidup, peka terhadap mobilisasi social yang ada disekitar kita itulah yang utama!
Hanya mengejar IPK tinggi, berarti pemikiran mahasiswa tersebut salah total. Jika hanya sebatas itu maka mereka tidak punya rasa tertarik dengan apa yang sehari-hari terjadi disekitarnya. Kita tepat diatas pijakan yang dimana kita wajib mengerti, tau dan paham tentang apa yang terjadi disekitar kita. Kita dipersiapkan untuk itu! Kata orang mahasiswa adalah kaum intelek muda. Apa yang dimaksud intelek? Itulah yang saya maksud. Tanggap dan kritis terhadap semua yang terjadi. Apa yang mendorong kita kearah pemikiran tersebut. Jawabannya adalah pendewasaan. Sudah seberapa dalam pendewasaan yang mereka temukan.
Saya bicara kepada semua yang mengaku mereka mahasiswa, yang mengontrol semua yang dilakukan pemerintahan adalah kita. Apa mungkin para petani itu? Buruh itu? Ini tugas kita kawan. Maka untuk mencapai itu semua pendewasaan jiwa yang menjadi syarat utama. Kita berada disunia yang berbeda dengan masa-masa sebelum ini. Dunia kampus mengantarkan kita kepada sesuatu yang luas.teramat luas untuk dijabarkan.entah jalan mana yang kalian pilih yang pasti kita juga diajarkan untuk bertanggung jawab atas semua yang kita pilih.

0 komentar:

Posting Komentar

} HTML,BODY{cursor: url("http://downloads.totallyfreecursors.com/cursor_files/fireorange.ani"), url("http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/fireorange.gif"), auto;}