kepada alam dan pencintanya


Sebelumnya mari kita menyanyi ….:) ehmm,,,ehmmmmm..
“pendaki gunung, sahabat alam sejati
Jaketmu penuh lambang, lambang kegagahan
Memproklamirkan dirimu pencinta alam
Sementara maknanya, belum kau miliki..”
Saya ingat betul betapa saya excited dengan lagu ini,saat itu pukul 05.00 pagi di cemoro sewu.. lagi ngopi dipinggir jalan raya sebelum memulai pendakian Lawu saat itu. Sejenak saya berpikir, lagu ini bener-bener dalem dan sarat akan makna.
Benar juga ya… dewasa ini banyak orang-orang yang menyatakan dirinya sebagai pencinta alam atau pendaki gunung,namun makna dibalik istilah “pencinta lama” itu sendiri belum mereka mengerti. Hanya sekedar mendaki dan mendaki tanpa memperdulikan keseimbangan alam,dan segala harmoni didalamnya, saya pikir-pikir benar juga.. banyak sudah saya mendaki gunung di jawa timur, semakin sadar pula saya bahwa digunung penuh sampah dan coretan-coretan identitas. Buat apa kawan? Agar orang-orang tau kalian pernah menaklukkan gunung tersebut? Sejatinya itu bukanlah sifat pencinta alam sejati. Ingatkah kalian:
Jangan mengambil apapun kecuali gambar
Jangan membuang apapun kecuali waktu
Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak
Mungkin tak banyak pendaki-pendaki diluar sana yang tau janji tersebut, alam mengijinkan kita untuk melihat keindahannya, namun bukan berarti kita bisa bebas berbuat apapun disana, meninggalkan sampah dan mengabadikan identitas dengan mencoret batu atau pohon.
Mari kita lanjutkan mengupas lirik lagu “kepada alam dan pencintanya” tadi…
“ketika aku daki dari gunung kegunung
Disana kutemui kejanggalan makna
Banyak pepohonan merintih kepedihan
Dikuliti pisaumu yang tak pernah diam
Batu-batu cadas merintih kesakitan
Ditikam belatimu yang pernah tak ayal”
Benar adanya memang lirik ini, bahwa sekarang jiwa-jiwa pendaki sudah tidak ada, mereka hanya sekedar mendaki demi mendapatkan pengakuan bahwa mereka orang-orang kuat dan cinta akan alam,hmmm..cinta?
“demi mengumumkan pada khalayak
Bahwa disana ada kibar benderamu”
Tak perlu pamer-pamer seperti itu,dengan apa yang kalian perbuat hanyalah akan membuat rusak image korp atau komunitas kalianJ
Saya juga cinta alam,saya juga pendaki…tapi insyaAllah saya sadar bahwa harmoni alam merupakan kewajiban kita bersama, mengunjungi alam berarti kita juga wajib menjaga dan melestarikannya.
Akhirnya, salam rimba dan merdekaaa!!!!! 

0 komentar:

Posting Komentar

} HTML,BODY{cursor: url("http://downloads.totallyfreecursors.com/cursor_files/fireorange.ani"), url("http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/fireorange.gif"), auto;}